FGD Pengembangan E-Marketing Destinasi Wisata Malang Raya
Upaya peningkatan potensi pariwisata terus dilalukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, termasuk terkait peningkatan kunjungan wisatawan. Salah satunya dengan bersinergi dengan tiga pemerintahan di Malang Raya. "Kami sinergi dan pro aktif dengan dinas di Malang Raya," ujar Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Kabupaten Malang Armand Erlangga saat menghadiri acara Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan E-Marketing Destinasi Wisata Malang Raya di The 101 OJ Hotel Malang, Rabu (13/11).
Selain itu, Armand mengatakan, sinergi juga dilakukan dalam aspek lingkungan internal, yakni dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. "Kalau dari eksternal, bersinergi dengan stakeholder, termasuk akademisi," kata dia.
Dia mengaku, luasnya cakupan wilayah di Kabupaten Malang juga menjadi hambatan untuk meningkatkan potensi pariwisata. Oleh karena itu, pihaknya juga menggenjot peningkatan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Sehingga bisa memunculkan produk yang layak jual dan berdaya saing.
Selanjutnya, terkait e-marketing, Armand mengaku bila pihaknya selama ini telah memberdayakan duta wisata yang ada. "Mereka kami arahkan untuk membuat vlog di 5 jalur wisata. Bagaimana promosi dengan jalur berbeda. Coba eksplore di digital," jelasnya.
Armand pun berharap agar acara semacam ini tidak berhenti pada tingkat diskusi saja. "Ada komunikasi dan koordinasi intens," ungkapnya.
Acara FGD ini sendiri diprakarsai oleh Pusat Sosial, Humaniora, dan Pariwisata Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang. Pada kesempatan ini, pihaknya menghadirkan pihak Dinas Pariwisata dari tiga daerah, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Tujuannya untuk mengetahui potensi apa saja yang perlu dikembangkan di tiga daerah tersebut. Sehingga bisa mensejahterakan masyarakat.
Naskah : @fiscatk
Foto : @doliphoto